Indikator | 23 Juni 2015 07:50 WIB

Energi Fosil Belum Terkelola Baik


Sumber daya energi fosil di Indonesia belum terkelola dengan baik. Pemerintah dan investor seolah-olah saling berlomba untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi dan keuntungan semata tanpa mempedulikan keberlanjutan generasi di masa datang. Kian melimpahnya jumlah kendaraan bermotor yang beredar, banyaknya penambangan batu bara yang tidak berwawasan lingkungan, serta belum baiknya tata niaga gas merupakan salah satu bentuk pengelolaan sumber daya energi yang buruk.


Ketersediaan potensi energi yang beragam dan berlimpah ternyata belum mampu menumbuhkan kesadaran bangsa Indonesia untuk hemat energi. Sebaliknya, potensi tersebut justru diekspoitasi secara besar-besaran untuk mencukupi kebutuhan energi yang terus meningkat. Bila kondisi ini tidak disertai dengan kebijakan yang tepat, niscaya energi fosil yang dimiliki Indonesia dapat terkuras dengan cepat dan bahkan dinikmati oleh bangsa asing.
 
Menurut laporan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), minyak bumi yang terkandung di bumi Indonesia pada tahun 2012 diperkirakan mencapai 7,73 miliar barrel. Bila dihitung dengan kemampuan produksi per tahun yang rata-rata mencapai 385 juta barrel, maka diperkirakan dalam kurun 20-an tahun mendatang cadangan minyak akan habis.
 
Angka ini berbeda dengan cadangan sumber daya batu bara dan gas yang masih sangat berlimpah. Dengan kapasitas produksi seperti saat ini, batu bara Indonesia masih dapat ditambang hingga dua milenium ke depan dan gas juga masih bisa dimanfaatkan hingga puluhan abad.
 
Kondisi ini harusnya segera disikapi pemerintah dengan menerapkan kebijakan energi yang tepat, salah satunya dengan diversifikasi energi agar dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Langkah kebijakan seperti membatasi penggunaan atau penjualan kendaraan pribadi, memperbaiki pola transportasi umum, serta menyediakan sarana angkutan yang memadai dan ramah lingkungan seperti kereta listrik atau armada angkutan berbahan gas, akan mendukung upaya diversifikasi energi.
 
Saat ini, armada angkutan umum yang ramah lingkungan jumlahnya masih minim dan hanya terdapat di kota-kota tertentu. Oleh sebab itu, perlu peranan pemerintah pusat dan daerah secara berkesinambungan agar upaya penghematan energi dan diversifikasi energi dapat berlangsung di berbagai daerah di Indonesia.
 
Potensi Sumber Daya Energi Fosil

Jenis Energi Tahun Cadangan Energi
    Terbukti Potensial

Minyak bumi (miliar barel)

2011 4,04 3,69
  2012 3,74 3,67
Gas bumi (TSCF) 2011 104,71 48,18
  2012 103,35 47,35
Batu bara (miliar ton) 2011 120,33* 28,01**
  2012 119,42* 28,97**
*) Sumber daya batu bara
**) Cadangan batu bara
TSCF: Trillion Square Cubic Feet
 
Sumber: Buku “Outlook Energi Indonesia 2014”, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementerian ESDM
Pembaruan informasi:   25 Mei 2015

  • Artikel Terkait
blog comments powered by Disqus