Profil Tokoh

Abraham Samad

Abraham Samad
Tersangka Dua Kasus

Abraham Samad kembali mendapat tekanan demi tekanan. Ketua KPK ini mendapat status tersangka dari kepolisian setelah institusinya bersitegang dengan Polri. Akhirnya pada Rabu (18/2/2015) Presiden Joko Widodo mengehntikan sementara dari jabatan Samad sesuai ketentuan perundangan. Tekanan selanjutnya, ketika Samad kembali mendapat status tersangka pada kasus yang lain.

Sejak menjabat sebagai ketua KPK 16 Desember 2011 silam, Abraham Samad adalah salah satu tokoh yang senantiasa menjadi sorotan publik. Selain dituntut mampu menuntaskan berbagai kasus korupsi, perilaku dan sepak terjang lelaki kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan 49 tahun silam tersebut seolah juga menjadi cerminan kredibilitas institusinya.

Perjalanan menuju kursi pimpinan KPK bukan hal mudah bagi Samad. Setelah menempuh tiga kali seleksi calon pimpinan lembaga prestisius tersebut ia baru berhasil lolos uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat. Sebelum itu, Samad yang pernah menjalani profesi sebagai advokat ini juga pernah mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah dan Komisi Yudisial tetapi gagal.

Samad menempuh jenjang pendidikan sarjana hingga doktor di almamater yang sama, yaitu Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar. Kiprahnya sebagai pejuang di bidang hukum salah satunya terejawantah dalam lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam aktivitas pemberantasan korupsi, yaitu Anti Corruption Committee. Selain turut mendirikan LSM tersebut, Samad juga berperan sebagai koordinator.(Yan Syahrial/Litbang Kompas)

Biodata

Nama lengkap           :  Abraham Samad
Tempat, tanggal lahir :  Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966
Jabatan                      :  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (16 Desember 2011-2015)

Pendidikan
  • S1 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, 1993
  • S2 Universitas Hasanuddin, Makassar, 2005
  • Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, 2010
Karier
  • Konsultan hukum (advokat) sejak tahun 1996
  • Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (2011-2015)
 Kegiatan Lain
  • Penggagas dan Koordinator LSM Anti-Corruption Committee (ACC) di Sulawesi Selatan
  • Anggota Tim Penasehat Hukum Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulawesi
(Yan Syahrial/Litbang Kompas)