Profil Lembaga

Partai Nasional Aceh

Partai Nasional Aceh
Sebelum partai ini berdiri, terbentuk sebuah wadah politik pada akhir April 2010 sebagai tempat berhimpunnya rakyat dalam memperjuangkan aspirasi melalui mekanisme yang legal di Aceh. Dilatarbelakangi interpretasi beberapa butir MoU yang dicapai di Helsinki yang belum sepenuhnya diimplementasikan, Partai Nasional Aceh (PNA) ini resmi dideklarasikan 4 Desember 2011. Sebagai salah saru partai lokal di Aceh, PNA diharapkan dapat dijadikan wadah bagi seluruh rakyat Aceh, untuk bertekad melakukan perubahan yang fundamental.

Bermula dari interpretasi beberapa butir MoU yang dicapai di Helsinki juga belum sepenuhnya diimplementasikan. Akhir April 2010 terbentuk wadah politik sebagai tempat berhimpunnya rakyat dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingannya melalui mekanisme dan jalur yang legal di Aceh. Setelah melalui serangkaian perjalanan, Partai Nasional Aceh (PNA) dideklarasikan tepat pada 4 Desember 2011 dengan kader berbasis massa yang dibentuk oleh beberapa elemen dan tokoh masyarakat di Aceh.
 
PNA merupakan salah satu partai lokal di Aceh yang memiliki identitas diri sebagai partai yang berwawasan nasional, mandiri, terbuka, amanah dan demokratis. Melalui PNA diharapkan dapat dijadikan wadah bagi seluruh rakyat Aceh, yang tersebar tidak hanya di Aceh namun diberbagai belahan nusantara dan dunia untuk bertekad melakukan perubahan yang fundamental. Perubahan dilakukan dalam upaya mewujudkan sistem politik yang sehat dan demokratis serta untuk mencapai kesejahteraan rakyat yang bermartabat.
 
Partai berlambang bintang ini menerapkan lima aspek penting kepada kader-kadernya diantaranya aspek kemanusiaan, kesetiakawanan, kesetaraan, kerakyatan, dan kebebasan. Selain itu, PNA juga memiliki tekat berjuang untuk merebut struktur pemerintah baik legistilatif maupun eksekutif di semua level dan tingkatan di Aceh. Mereka berusaha menempatkan diri sebagai kiblat dari konsepsi seluruh kehidupan di Aceh.
 
Visi dan Misi :
  1. Perwujudan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi rakyat Aceh dalam kedamaian yang bebas dari ketakutan terhadap masa depan.
  2. Perwujudan partisipasi seluruh potensi rakyat Aceh dalam menciptakan pemerintahan yang demokratis, amanah, efektif, efisien dan berwibawa yang menghormati nilai-nilai kemanusiaan.
  3. Perwujudan tatanan masyarakat yang memiliki daya saing global yang tetap menghormati nilai ke-Acehan dan nilai Ke-Islaman.

Profil Partai Nasional Aceh
  • Ketua Umum : Irwansyah
  • Sekjen : Muharram Idris
  • Bendahara : Lukman AG
  • Sekretariat DPP : Jl. Tgk. Chik Ditiro No. 12B Gampong Peuniti, Kec. Baiturrahman, Banda Aceh
  • Website : www.pna.or.id
  • Telp : (0651) 28282
 
Sumber : pna.or.id