Profil Lembaga

Partai Kebangkitan Bangsa

Partai Kebangkitan Bangsa
Awal mula PKB dibentuk pada 23 Juli 1998, bertujuan sebagai saluran politik bagi para nahdliyin. PKB pertama kali berpartisipasi sebagai peserta pemilu di tahun 1999 dan berhasil mengantarkan  Abdurrahmat Wahid (Gusdur) sebagai presiden RI yang keempat. Konflik internal yang sempat terjadi di tubuh partai ini mengakibatkan merosotnya jumlah pemilih dari pemilu ke pemilu.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didirikan para Nahdlatul Ulama pada 23 Juli 1998. Tujuan awal dibentuknya partai ini sebagai saluran politik bagi para nahdliyin. Tercatat PKB pertama mengikuti Pemilu tahun 1999. Waktu itu, calon presiden yang diusung Abdurrahmat Wahid (Gusdur) terpilih sebagai presiden RI yang keempat. Namun akibat pergolakan politik di Indonesia, Gus Dur hanya bertahan hingga tahun 2001.

Seiring berjalannya waktu, partai yang saat ini diketuai Muhaimin Iskandar sempat mengalami beberapa konflik internal. Puncaknya ketika tahun 2009 dimana partai ini terbagi menjadi dua kubu, kubu Muhaimin Iskandar dan kubu GusDur. Kubu Muhaimin Iskandar lebih menggarahkan PKB menjadi partai eksklusif, sedangkan kubu Gus Dur lebih condong ke partai yang inklusif atau terbuka ke semua kalangan. Akibatnya perolehan suara dari pemilu ke pemilu cenderung kian merosot.Pemilu 1999 PKB mendapat 12,6 persen, Pemilu 2004 berkurang menjadi 10,57 persen, Pemilu 2009 semakin menyusut hingga 4,9 persen. Prestasi bagi PKB, Pemilu 2014 perolehan suara yang diraup PKB mengalami peningkatan hingga mencapai 9,04 persen. Deklarasi tiga calon presiden yang notabene sebagai publik figur tampaknya berhasil menarik massa pendukung partai berlambang sembilan bintang yang mengitari bumi ini.
 
Visi dan Misi
  1. Mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana dituangkan dalam Pembukaan Undang- undang Dasar 1945.
  2. Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara lahir dan batin, material, dan spiritual.
  3. Mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih, dan berakhlakul karimah.
 
Profil Partai Kebangkitan Bangsa
  • Nomor urut : 2
  • Ketua umum : H. A. Muhaimin Iskandar
  • Sekjen : H. Imam Nahrowi 
  • Bendahara : H. Bachrudin Nasori
  • Sekretariat DPP : Jl. Raden Saleh No.9, Jakarta Pusat 10430
  • Website : www.dpp.pkb.or.id
  • Telp : 021- 3145328
  • Fax : 021- 3145329
·
Sumber : mediacenter.kpu.go.id dan www.dpp.pkb.or.id