Profil Lembaga

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia
Awal mula terbentuk pada 15 Januari 1999, partai ini bernama Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). Partai yang dimotori mantan presiden Try Sutrisno ini sempat tidak berhasil melampaui batas electoral threshold pada Pemilu 1999. Oleh karenanya, tahun 2002 partai ini berubah nama menjadi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP INDONESIA).

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP INDONESIA) adalah kelanjutan dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) yang dideklarasikan pada tanggal 15 Januari 1999. Partai ini berganti nama pada tahun 2002 karena ketentuan electoral threshold sesuai UU No. 3 Tahun 1999 dan UU No. 12 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum (Legislatif).

Partai ini lahir di awal masa reformasi, sebagai jawaban menghadapi krisis multi dimensi yang telah melemahkan sendi-sendi Persatuan dan Kesatuan bangsa. Diawali dengan membentuk Gerakan Keadilan dan Persatuan Bangsa (GKPB) yang dimotori oleh mantan Wakil Presiden Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno beserta komponen bangsa lainnya, PKP dibentuk dan mengikuti Pemilu tahun 1999.
 
Visi :
Terwujudnya kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang berkeadilan, bersatu dan berkesejahteraan sosial dengan menjunjung tinggi supremasi hukum.
 
Misi :
Mewujudkan masyarakat kewargaan (civil society) yang berkeadilan, bersatu, berkesejahteraan sosial dalam mewujudkan pemerintahaan yang kuat, efektif, efisien, bersih, taat hukum, berwibawa di Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu bersaing serta dihormati dalam pergaulan dunia.
 
Profil Partai Keadilan dan Persatuan Indoensia
  • Ketua Dewan Penasihat : Try Sutrisno
  • Ketua Umum : Sutiyoso
  • Sekretaris Jenderal : M. Yusuf Kartanegara
  • Bendahara : Ge Jiang Ging
  • Sekretariat DPP : Jl. Diponegoro No. 63 Menteng, Jakarta 10310
  • Website : http://pkpi.or.id/
  • Telp : 021 - 7134 7384; 3192 2733

Sumber : mediacenter.kpu.go.id dan pkpi.or.id