Profil Lembaga

Partai Hati Nurani Rakyat

Partai Hati Nurani Rakyat
Partai yang diprakarsai mantan panglima TNI, Wiranto beserta beberapa tokoh-tokoh nasional ini dideklarasikan pada 21 Desember 2006. Sejak bergabungnya Hary Tanoesoedibjo, elektabilitas partai ini semakin merangkak naik hingga menjelang Pemilu 2014.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dideklarasikan 21 Desember 2006 atas prakarsa Wiranto, mantan panglima TNI beserta beberapa tokoh-tokoh nasional. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya Fuad Bawazier, Yus Usman Sumanegara, Subagyo HS, Samuel Koto, Tuti Alawiyah, Anwar Fuady, Elza Syarief, Suaidi Marasabessy, dan Djafar Badjeber. Berdirinya partai yang berazaskan Pancasila ini berawal dari kegagalan Wiranto meraih posisi ketua umum Partai Golkar untuk menduduki kursi presiden di Pemilu tahun 2004.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, menjelang Pemilu 2014 elektabilitas partai ini semakin merangkak naik. Hal ini tidak lepas dari pengaruh media massa, khususnya televisi. Hary Tanoesoedibjo sebagai bakal calon wakil presiden Partai Hanura yang juga merupakan CEO MNC Group turut memudahkan partai ini untuk lebih dikenal masyarakat.
 
Visi :
  • Kemandirian Bangsa
Bangsa Indonesia saat ini terasa tidak mandiri lagi.Banyak tekanan dan intervensi asing yang sudah merajalela merugikan kehidupan seluruh bangsa. Kita harus rebut kembali, bangun kembali kemandirian kita dalam penyelenggaraan negara.
 
  • Kesejahteraan Rakyat
Sebuah kata yang sudah sangat sering diucapkan tetapi sangat sulit diwujudkan. Semua kader Partai HANURA yang juga calon pemimpin bangsa, di benaknya harus selalu tertanam kalimat ‘kesejahteraan rakyat Indonesia’, sekaligus mampu berusaha menghadirkannya. 

Misi :
  1. Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui penyelenggaraan negara yang demokratis, transparan, akuntabel, dengan senantiasa berdasar pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Melahirkan pemimpin yang bertakwa, jujur, berani, tegas, dan berkemampuan, yang dalam menjalankan tugas selalu mengedepankan hati nurani.
  3. Menegakkan hak dan kewajiban asasi manusia dan supremasi hukum yang berkeadilan secara konsisten, sehingga dapat menghadirkan kepastian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Membangun sumber daya manusia yang sehat dan terdidik yang didasari akhlak dan moral yang baik serta memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan dan pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa.
  5. Membangun ekonomi nasional yang berkeadilan dan berwawasan lingkungan serta membuka kesempatan usaha dan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat.
  6. Memberantas korupsi secara total dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, dan bermartabat.
  7. Mengembangkan Otonomi Daerah untuk lebih memacu pembangunan di seluruh tanah air dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Profil Partai Hanura
  • Ketua Dewan Penasihat : Bambang W. Soeharto
  • Ketua Umum : H. Wiranto
  • Sekretaris Jenderal : Dossy Iskandar Prasetyo
  • Bendahara : Bambang Sudjagad
  • Sekretariat DPP : Jalan Imam Bonjol No. 4, Menteng, Jakarta Pusat, 100330
  • Website : www.hanura.com
  • Telp : 021- 3100169
  • Fax : 021- 3100174
 
Sumber : mediacenter.kpu.go.id dan hanura.com