Profil Lembaga

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Partai ini merupakan kelanjutan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI), salah satu partai senior di masa orde baru. PDI pro Megawati yang didirikan sejak 1 Februari 1999 ini terus menunjukkan konsistensinya sebagai partai yang tidak pernah sepi pendukung  hingga sekarang.

Tidak lepas dari ingatan kita salah satu dari tiga partai senior di masa orde baru, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).Partai yang kini diketuai Megawati Soekarnoputriini merupakan kelanjutan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang dideklarasikan pada 10 Januari 1973.Partai ini merupakan penggabungan lima partai peserta Pemilu tahun 1977. Kelima partai itu diantaranya Partai Nasional Indonesia (PNI), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), Partai Murba, Partai Kristen Indonesia (Parkindo), dan Partai Katolik.

Konflik internal di partai berlambang kepala banteng ini kerap terjadi kala masa orde baru, Konflik ini bukan berarti apa-apa, melainkan merupakan strategi PDI untuk menggoyahkan persepsi publik mengenai keadaan harmonis dan keteraturan di pemerintahan saat itu.Terlebih lagi ketika Megawati Soekarnoputri yang mulai terjun di dunia politik sebagai anggota PDI, yang memberikan pengaruh meningkatnya perolehan suara di Pemilu 1987.PDI semakin mendapat tekanan dan intervensi khususnya pasca Megawati terpilih menjadi ketua umum DPP PDI untuk periode 1993-1998.Puncaknya ketika terjadi penyerbuan kantor DPP PDI pada 27 Juli 1996.

Seiring berjalannya waktu, PDI pro Megawati membentuk partai kelanjutan dengan nama baru, PDIP pada 1 Februari 1999. Pemilu demi pemilu mencatat PDIP terus menunjukkan konsistensinya sebagai partai yang tidak pernah sepi pendukung. Paling sedikit ketika pemilu tahun 2009 dimana PDIP hanya menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 14,03 persen suara di bawah partai Golkar dan partai Demokrat.
 
Visi dan Misi
Visi :
  1. Mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Membangun masyarakat Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang demokratis, adil dan makmur.
 
Misi :
  1. Menghimpun dan membangun kekuatan politik rakyat.
  2. Memperjuangkan kepentingan rakyat di bidang ekonomi, sosial, dan budaya secara demokratis.
  3. Berjuang mendapatkan kekuasaan politik secara konstitusional guna mewujudkan pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.
 
Profil PDI Perjuangan
  • Nomor Urut : 4
  • Ketua Umum : Megawati SoekarnoPutri
  • Sekjen : Tjahjo Kumolo
  • Bendahara : Olly Dondokambey
  • Sekretariat DPP : Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan12610
  • Website : www.pdiperjuangan.or.id
  • Telp : 021- 7806028/021- 7806032
  • Fax : 021- 7814472
 
Sumber : mediacenter.kpu.go.id dan pemberitaan “Kompas”