Aplikasi | 16 Agustus 2016 10:15 WIB

Permasalahan DKI Jakarta (live version)


Aplikasi visual interaktif ini serupa dengan Aplikasi Permasalahan DKI Jakarta (terkini) sebagai alat bantu analisa permasalahan Jakarta berdasarkan keluhan masyarakat yang terhimpun melalui Qlue, namun kumpulan keluhan dihimpun pada rentang waktu 40 hari terakhir hingga hari ini secara langsung sehingga membutuhkan hak akses untuk menggunakannya.
[live version: sign in]


Terdapat 2 bagian informasi yang disajikan, yaitu Profil Keluhan Masyarakat dan Rincian Informasi Permasalahan. Profil keluhan memuat peringkat permasalahan yang paling sering dikeluhkan serta banyaknya permasalahan di setiap wilayah, sedangkan Rincian Informasi menampilkan secara interaktif detil keluhan yang dilaporkan dari setiap lokasi atau sesuai daerah atau permasalahan yang dipilih.
Hasil pemilahan informasi dapat disimpan sebagai tabel maupun sebagai grafis. Untuk menggunakannya, silahkan ikuti petunjuk yang ada di bawah infografis interaktif berikut.


Petunjuk Penggunaan

Profil Keluhan Masyarakat
  1. Tentukan rentang waktu dengan menggeser slider atau mengubah tanggal sesuai dengan periode yang dimaksud, maka semua chart akan menampilkan informasi permasalahan sesuai rentang waktu tersebut.
  2. Arahkan pointer pada setiap bagian warna chart, maka muncul tooltip berisi nilai dan keterangannya. Silahkan klik maka tampilan informasi lebih fokus pada obyek yang dipilih. Klik kembali untuk tampilan seperti semula.
  3. Pilih salah satu chart/tabel, kemudian pilih 'Data' pada menu download untuk menampilkan data penyusun chart dalam bentuk tabel atau pilih 'Crosstab' jika ingin langsung menyimpan tabel data tersebut dalam bentuk file .csv untuk digunakan lebih lanjut dengan MS Excel. Pilih 'PDF' atau 'Image' untuk menyimpan seluruh tampilan grafis.
Rincian Informasi Permasalahan
  1. Langkah awal sama seperti poin 1 dan 2 di atas.
  2. Pilih salah satu poin kelurahan pada peta Jumlah Keluhan (kiri), maka peta Lokasi Pelaporan dan tabel akan memunculkan semua informasi keluhan sesuai kelurahan yang dimaksud.
  3. Klik pada tabel, lalu pilih 'Data' atau 'Crosstab' pada menu download untuk menampilkan atau menyimpan data penyusun informasi sesuai dengan kelurahan yang dipilih.
  4. Pemilahan informasi juga dapat dilakukan melalui filter yang tersedia di bagian kanan, baik berdasarkan permasalahan, wilayah, dan kecamatan, atau melalui menu 'Pencarian' di pojok kanan atas berdasarkan kata tertentu. Hasil seleksi muncul di tabel dan di peta Lokasi Pelaporan. Pilih  'Data' atau 'Crosstab' untuk menampilkan atau menyimpan data penyusun. Pilih 'PDF' atau 'Image' untuk menyimpan seluruh tampilan grafis.
  5. Pada peta 'Lokasi Pelaporan Keluhan' tersedia fitur seleksi dengan menggunakan segiempat, lingkaran atau kurva tidak beraturan (lasso) untuk memilih beberapa titik lokasi sekaligus berdasarkan bingkai, radius ataupun bentuk kurva yang dibuat. Hasil seleksi akan muncul di tabel. Untuk mengaktifkan, klik tanda segitiga yang muncul pada sisi kiri peta.

blog comments powered by Disqus