Aplikasi | 27 Januari 2016 13:42 WIB

Direktori 100 Perguruan Tinggi


Daftar 100 perguruan tinggi di Indonesia rekomendasi Kompas. Sesuai dengan namanya, direktori, maka aplikasi ini memberi arah (to direct).
Apabila Anda adalah seorang pelajar kelas XII SMA atau sederajat, aplikasi ini bermanfaat untuk memilih Perguruan Tinggi (PT) mana yang bakal menjadi locus dan kelak alma mater Anda dalam menuntut ilmu, di mana di dalamnya terdapat informasi Program Studi (Prodi) yang cocok dengan minat dan kapasitas keilmuan Anda.
Apabila Anda adalah pembaca umum, aplikasi ini berguna untuk memberikan informasi PT dan Prodi seperti apa yang ada di dalamnya, lengkap dengan akreditasinya.


Pendidikan tinggi di Indonesia sudah berusia satu setengah abad. Dalam kurun waktu tersebut lembaga perguruan tinggi tumbuh menjamur. Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi mencatat terdapat 4.896 lembaga perguruan tinggi yang berlabel universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, dan politeknik (per 17 Agustus 2015).

Lembaga perguruan tinggi tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia meski tidak merata. Keberadaan perguruan tinggi terkonsentrasi di  Pulau Jawa (48 persen). Selanjutnya di Sumatera (25,5 persen), dan Sulawesi (11,3 persen). Di pulau-pulau lainnya jumlahnya berkisar antara 3 persen hingga 6 persen. Dilihat per provinsi, Jawa Timur memiliki jumlah perguruan tinggi terbanyak (13 persen), disusul kemudian oleh Jawa Barat (12,9 persen). Sementara provinsi-provinsi di bagian timur Indonesia minim perguruan tinggi. Jumlahnya hanya sekitar satu persen per provinsi, bahkan kurang. Tak heran, perguruan tinggi di Jawa masih menjadi rujukan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (TIM LITBANG KOMPAS)

blog comments powered by Disqus